manfaat yang didapatkan dari tidur siang

|| || || Leave a komentar
>
Djarumnews : manfaat yang didapatkan dari tidur siang
Tidur siang yang cukup sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan dan hal tersebut di benarkan penelitian , selain itu tidur siang juga adalah rahasia sukses meningkatkan IQ dan daya ingat >

Berikut adalah manfaat yang didapatkan dari tidur siang

membantu Anda fokus

Pada siang hari ketika Anda mengantuk, tidur siang adalah cara bagus untuk merasa segar kembali dan membantu Anda berpikir lebih baik. Sebuah studi pada tahun 2010 di University of California-Berkley menemukan bahwa sekelompok orang dewasa muda lebih baik dalam bekerja setelah tidur siang 90 menit pada pukul 2 siang.

"Ketika Anda mengantuk, Anda tidak akan ingat tentang sesuatu. Anda tidak bisa berkonsentrasi dan sulit mengingat atau mengerjakan segala sesuatu. Jika Anda tidur siang, Anda akan mampu mengingat, berpikir dan bekerja lebih baik," kata Donna Arand, PhD, psikolog eksperimental di Pusat Gangguan Tidur Kettering di Dayton, Ohio. Anda tak perlu berbaring selama 90 menit, seperti peserta studi tersebut. Untuk mendapatkan manfaat tidur siang, sebagian besar dokter merekomendasikan hanya tidur siang selama 20 sampai 30 menit.

kurangi risiko penyakit jantung


Tidur, selain mempengaruhi kejernihan mental dan fungsi otak, juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda. "Ada penelitian yang menunjukkan orang-orang yang tidur enam jam semalam berisiko lebih besar terkena penyakit jantung daripada mereka yang tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam," kata Sarah Conklin, PhD, profesor psikologi dan ilmu saraf di Allegheny College.

"Tidur siang hari mungkin memiliki beberapa jenis efek restoratif yang menghilankan efek negatif tidur malam hari yang pendek." Dengan kata lain, bagi orang-orang yang kurang tidur, 45-60 menit tidur siang telah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung. "Manfaat tidur siang hari mungkin tergantung pada apa yang Anda ingin ubah. Tetapi jika ada kesempatan untuk tidur 45 menit sampai satu jam sehari, mungkin memiliki manfaat terukur dalam mengurangi risiko penyakit jantung yang berhubungan dengan tidak tidur (di malam hari) lama.

Meningkatkan daya ingat
Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang selama 45 menit bisa membantu meningkatkan daya ingat. Peningkatan ini terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimana biasa terjadi saat tidur siang.

Peningkatan aktivitas otak saat sedang tidur juga diyakini bermanfaat untuk mempelajari bahasa asing. Kata-kata atau istilah baru akan lebih mudah diingat jika sering diperdengarkan saat sedang tidur.


Meningkatkan produktivitas

Tidur siang dapat melindungi otak dari pengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan dan membantu mengkonsolidasikan informasi yang baru dipelajari. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan konsentrasi dan produktifitas di tempat kerja. Bahkan penelitian sebelumnya menemukan tidur siang dapat menurunkan tekanan darah.

Mengobati insomnia

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang tidur siang selama 15 menit merasa lebih waspada dan kurang mengantuk, bahkan ketika malam hari sebelumnya kurang tidur.

Efeknya memang bisa bervariasi pada setiap individu, namun sebuah penelitian tahun 2011 menegaskan tidur siang membuat penderita insomnia jadi lebih bugar karena total waktu istirahatnya jadi lebih panjang.


Menurunkan stres

Ingin memotong hormon stres kortisol sebanyak separuh? Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres secara dramatis mengalami penurunan setelah tidur siang, terutama jika semalam tidurnya kurang begitu nyenyak.

Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa ketika sekelompok pilot tidur kurang dari 7 jam semalam sebelum bertugas, kadar kortisolnya meningkat secara signifikan dan bertahan selama 2 hari. Namun ketika berhasil tidur siang barang sebentar, kadar kortisol berkurang separuhnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
/[ 0 komentar Untuk Artikel manfaat yang didapatkan dari tidur siang]\

Posting Komentar

Silahkan membaca postingan postingan lain dari Djarumnews ya..
Jangan Lupa Berkomentar