6 Cara Mengendalikan Nafsu Makan

|| || || Leave a komentar
>
Djarumnews : 6 Cara Mengendalikan Nafsu Makan
  1. Utamakan asupan protein saat sarapan.
    Asupan protein yang memadai saat sarapan akan mengurangi rasa lapar pada siang hari. Alhasil, Anda tidak terangsang untuk makan dalam jumlah banyak. Riset menunjukkan, berkat asupan protein yang cukup di pagi hari, total asupan kalori harian Anda akan cenderung lebih sedikit dari biasanya. Pengurangan itu mencapai 267 kalori. Lumayan kan?
  2. Jauhkan makan favorit.
    Namanya juga makanan favorit, sudah barang pasti kita akan suka dan kerap menikmatinya. Agar tak sampai kebablasan saat menikmatinya, jauhkan makanan favorit itu dari jangkauan tangan Anda. Apa yang dilakukan Brian Wansink PhD, psikolog sekaligus pemerhati makanan dari Cornell University, mungkin bisa dicontoh. Ia menyimpan minuman soda kesukaannya di almari pendingin yang ada di ruang bawah tanah. ”Biasanya saya malas untuk mengambil ke bawah. Jadi, saya minum saja air putih di dapur.”
  3. Gunakan Sendok dan Garpu yang Lebih Besar
    Sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang makan menggunakan sendok dan garpu berukuran besar, makan lebih sedikit daripada orang yang menggunakan sendok garpu berukuran normal. Kesimpulan ini didapat dengan asumsi bahwa, dengan menggunakan sendok dan garpu yang lebih besar maka orang akan merasakan kenyang lebih dulu sehingga makan lebih sedikit.
  4. Lapar datang, hirup aroma favorit
    Penelitian menunjukkan, reaksi otak terhadap lemak di mulut sama dengan reaksi otak ketika hidung mencium aroma yang menarik. Karena itu, jika perut Anda meronta minta diisi, cobalah tak langsung menuruti. Siasati dengan menghirup aroma favorit. Maka, rasa lapar pun terlupa.
  5. Gunakan Piring Kecil
    Ketika diberi porsi makan yang sama, orang yang makan menggunakan piring kecil makan lebih sedikit daripada orang yang menggunakan piring lebih besar. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan piring besar, orang akan menganggap makanan di atas piring tersebut sedikit, sehingga akan disantap sampai habis.
  6. Tidurlah yang cukup.
    Orang yang tidur kurang dari delapan jam akan mengalami fluktuasi hormonal. Kata para ahli, nafsu makan seseorang cenderung meningkat ketika hormon-hormon di dalam tubuh berfluktuasi.

Sumber : strano66 Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
/[ 0 komentar Untuk Artikel 6 Cara Mengendalikan Nafsu Makan]\

Posting Komentar

Silahkan membaca postingan postingan lain dari Djarumnews ya..
Jangan Lupa Berkomentar