Cara Cara memperbaiki Komputer yang Rusak

|| || || 1 komentar
>
Djarumnews : Cara Cara memperbaiki Komputer yang Rusak
Mungkin anda pernah mengalami ketika hendak menyalakan komputer, namun yang terjadi adalah layar monitor blank dan tidak muncul apa-apa. Jangan panik, mari kita selesaikan dan perbaiki masalah ini bersama-sama dengan Bukan CS Biasa. Hehehehe...

Sebelum kita melakukan perbaikan pada komputer kita yang mengalami masalah seperti diatas, terlebih dahulu kita harus mengenal apa penyebab dari kerusakan tersebut. Berdasarkan pengalaman pribadi, masalah tersebut bisa dikarena beberapa faktor dibawah ini.

Pertama >> RAM

Ini yang paling sering terjadi, tidak muncul apapun pada layar monitor alias blank bisa dikarenakan oleh RAM yang rusak, kotor, atau tidak terpasang dengan benar. Solusinya yaitu dengan mencabut RAM kemudian bersihkan RAM dengan penghapus pensil (pada PIN), bisa juga dibersihkan dengan menggunakan alkohol 70% pada PIN tersebut dengan bantuan alat lain seperti cutton bud atau yang lainnya, yang penting tidak merusak PIN RAM. Setelah itu coba anda pasangkan kembali RAM tersebut dengan benar. Jika masih tidak menyala jangan dulu salahkan RAM anda, mari kita lihat penyebab yang lainnya.

Kedua >> VGA

Hampir sama seperti RAM, VGA juga bisa rusak, kotor, atau tidak terpasang dengan benar, jadi solusinya masih sama dengan cara yang pertama.


Ketiga >> Motherboard

Motherboard adalah papan induk cpu anda, lepaskan semua hardware yang terpasang ke motherboard, seperti ram, vga, processor. Lalu angkat motherboard dari cashing cpu anda, bersihkan dengan menggunakan kuas secara perlahan atau dapat juga dengan menggunakan vakum cleaner mini. Setelah semua terlihat bersih, coba anda perhatikan apakah ada komponen-komponen yang terbakar atau sudah tidak berfungsi lagi. Dalam banyak kasus, elco merupakan salah satu komponen dari motherboard yang sering rusak, biasanya ditandai dengan sudah menggelembungnya permukaan atas yang dalam keadaan normal adalah mendatar. Namun kerusakan pada motherboard bisa pada komponen lainnya, jika anda bukan ahlinya sebaiknya periksalah motherboard anda kepada orang yang sudah ahli atau ke tempat service-service komputer.

Keempat >> Processor

Processor merupakan otak dari sebuah komputer, cepat lambatnya suatu komputer sangat dipengaruhi oleh seberapa tinggi processor yang kita gunakan pada komputer kita. Berdasarkan pengalaman, processor adalah salah satu hardware yang paling jarang rusak, dia berumur cukup panjang dan sedikit mengalami kerusakan. Akan tetapi kerusakan pada processor bukanlah suatu yang mustahil, namun kebanyakan jika bermasalah pada processor bukan karena processornya rusak melainkan processor tersebut sudah berumur (alias sudah tua).


Kelima >> Power Supply

Kekurangan daya pada power supply menyebabkan aliran listrik yang mengalir ke motherboard dan hardware lainnya jadi tidak lancar. Ini juga salah satu faktor yang menyebabkan komputer anda mengalami masalah seperti diatas. Solusinya, anda gunakan power supply yang lain (jika ada) untuk memastikan apakah power supply anda bermasalah atau tidak. Jika menggunakan power supply yang lain (tentunya yang sama dayanya) ternyata komputer anda bisa nyala, berarti power supply yang lama mesti diganti dengan yang baru, atau jika anda bisa memperbaikinya silakan perbaiki dulu untuk menghemat pengeluaran. Tapi mengganti dengan yang baru dan berkualitas adalah pilihan paling bijak untuk jangka panjang.


Sebelum anda memeriksa kelima faktor tersebut, pastikan dahulu bahwa layar monitor atau LCD anda tidak rusak dan masih berfungsi dengan baik. Dan sebagai referensi tambahan silakan baca yang ini, agar anda bisa lebih mudah mengenali penyebab komputer anda mengalami masalah seperti diatas.


Demikian tentang cara memperbaiki komputer yang rusak, mudah-mudahan artikel ini dapat diterima dan bermanfaat khususnya bagi anda yang saat ini sedang mengalami masalah seperti diatas. Dan jangan lupa, kunjungi terus Bukan CS Biasa untuk mendapatkan informasi-informasi menarik dan bermanfaat lainnya. 


sumber Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
/[ 1 komentar Untuk Artikel Cara Cara memperbaiki Komputer yang Rusak]\

Posting Komentar

Silahkan membaca postingan postingan lain dari Djarumnews ya..
Jangan Lupa Berkomentar