Top 5 Penemuan sejarah Paling Menghebohkan

|| || || Leave a komentar
>
Djarumnews : Top 5 Penemuan sejarah Paling Menghebohkan
1. Perpustakaan Kerajaan Ashurbanipal

Kumpulan sekitar 25.000 tablet fragmen tanah liat, Perpustakaan Ashurbanipal ditemukan di pertengahan abad ke-19 oleh Austen Henry Layard di kota Mesopatamian Niniwe (Irak).

Ashurbanipal adalah raja Asyur selama puncak prestasi militer dan budaya Asiria, tapi di luar ini ia adalah seorang kolektor teks yang mengirim ahli-ahli Taurat di seluruh Kekaisaran nya mencari tambahan untuk koleksi perpustakaan.
Perpustakaan itu sendiri adalah salah satu yang terbesar waktu itu dan berisi sekitar 1200 teks. Teks-teks ini termasuk prasasti kerajaan, kronik, teks mitologi dan agama, kontrak, hibah keputusan kerajaan , surat-surat kerajaan, pertanda, mantra, himne untuk berbagai dewa dan teks pada kedokteran, astronomi, dan sastra.
Beberapa sastra termasuk epik Gilgamesh, kidsh yang dibuat oleh Enuma Elis , mitos Adapa dan Manusia Miskin dari Nippur. Pada tahun 612 SM, Niniwe dihancurkan oleh aliansi Babilonia, Scythians dan Media dan istana dibakar, sehingga membuat tanah liat yang membungkus teks-teks itu matang.

Mengapa Dianggap Penting ?
Terkubur selama berabad-abad oleh penjajah, Perpustakaan Kerajaan Ashurbanipal memberikan banyak ahli informasi berharga tentang penduduk kuno Timur tengah. Selain epik Gilgamesh salah satu teks yang paling penting yang ditemukan di situs adalah daftar yang hampir lengkap dari penguasa Timur Tengah kuno.

2. Tentara Tanah Liat Kaisar Qin Shi Huang

Seorang petani di Xi’an bernama Yang adalah pengeboran air ketika ia menemukan Tentara tanah liat pada tahun 1947.Tentara _tentara ini dipahat oleh 700.000 pekerja paksa yang di kubur di bawah tanah di depan makam Qin Shi Huang sehingga mereka bisa melindungi dia di akhirat.

Qin Shi Huang adalah Kaisar pertama yang menyatukan Cina dan banyak dicerca karena tirani tapi dikaghumi sebagai pemimpin yang visioner. Puluhan ribu patung manusia dan hewan diciptakan dalam beberapa potong dan kemudian dirakit, masing-masing karya ini sangat unik, atau tidak sama antara satu dengan yang lain.
Realisasi senjata dan baju besi digunakan dalam pembuatan prajurit tetapi sebagian dicuri setelah makam selesai dibangun. Meskipun penemuan yang mengesankan di Xi’an, makam sang kaisar belum ditemukan.

Mengapa Dianggap Penting ?
Tentara Terracotta adalah pintu kita untuk memahami bagaimana tentara Dinasti Qin nyata berfungsi. Dengan memeriksa prajurit dari tanah liat ini kita dapat menentukan formasi tentara dan jenis senjata yang digunakan serta kualitas mereka. Baik pedang perunggu, belati, billhooks, tombak, halberds, kapak, busurpanah dan semuanya ditemukan di lubang-lubang di Xi’an.

3. Gulungan Lembaran Laut Mati

Gulungan Laut Mati adalah koleksi kuno, kebanyakan manuskrip Ibrani yang ditemukan di beberapa situs di barat laut pantai Laut Mati. Antara 825 dan 870 gulungan yang berbeda telah ditemukan di 11 gua 1947-1956.

Sebagian besar teks Alkitab dan termasuk fragmen dari setiap buku Perjanjian Lama kecuali kitab Ester serta Kitab Yesaya awal dikenal dan belum pernah dilihat disebabkan Mazmur Raja Daud dan Yosua. Beberapa teks Alkitab tidak ditemukan juga, dan komentar pada buku-buku Perjanjian, aturan Lama dari masyarakat, melakukan perang, komposisi hymnic dan benedictions untuk beberapa nama.
Para Naskah diyakini dari perpustakaan Sekte Yahudi, ditulis oleh Essenes dan tersembunyi di gua-gua di sekitar Pemberontakan Yahudi Pertama (66-70 AD).

Mengapa Dianggap Penting ?
Penemuan Gulungan Laut Mati secara luas dianggap menemukan naskah terbesar sepanjang masa. Mendahului gulungan naskah Perjanjian Lama tertua berikutnya dengan 1000 tahun dan membuktikan bahwa Kekristenan berakar pada Yudaisme. Mereka juga memberi kita wawasan yang jelas tentang kehidupan orang-orang Yahudi hidup pada saat itu .

4. Pompeii

Pompeii adalah sebuah kota kuno yang telah didirikan pada abad ke 6 SM oleh keturunan berbahasa Oscan penduduk Neolitik Campania, kemudian datang di bawah Yunani, Etruscan, Samnite dan akhirnya di bawah kekuasaan Romawi.

Sebagai sebuah koloni Romawi pompeii sangat makmur sebagai pelabuhan dan sebagai tujuan wisata, bukti yang dapat ditemukan di banyak villa, kuil, teater dan pemandian dibangun di seluruh kota.
Pompeii juga memiliki amfiteater, forum, dan basilika dan Pompeii adalah rumah bagi sekitar 20.000 jiwa.
Pada 63 M gempa bumi menyebabkan kerusakan yang luas untuk Pompeii dan dalam tahun-tahun berikutnya ada upaya untuk memperbaiki beberapa kerusakan.Kemudian teror melanda pada tanggal 24 Agustus, 79 M ketika gunung berapi Vesuvius meletus dan menyelimuti kota dengan debu dan abu.
Pompeii ditemukan di 1599 oleh Domenico Fontana ketika ia bekerja pada sebuah proyek hidrolika, namun tetap belum tergali sampai ditemukan kembali pada 1748 oleh insinyur Spanyol Rocque militer Joaquin de Alcubierre.

Mengapa Dianggap Penting ?
Reruntuhan Pompeii memberikan perspektif yang unik bagi arkeolog tentang kehidupan Romawi: cara kerja sehari-hari di sebuah kota hidup.
Kita bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang sebuah kota dalam krisis karena abu telah mengawetkan segalanya begitu baik-termasuk keluarga yang berkumpul bersama-sama, penjahat yang masih dalam rantai, hewan yang ditinggalkan berdiri dan lukisan dinding yang sempurna seperti diawetkan .

5. Gua Lascaux

Sebuah kompleks gua yang luas di Perancis barat daya, Lascaux terkenal karena banyak lukisan gua dari zaman Paleolitikum. Gua Lascaux ditemukan oleh empat remaja, Marcel Ravidat, Jacques Marsal, Georges Agnel dan Simon Coencas pada tanggal 12 September 1940. Ada hampir gambar 2000 hewan, manusia dan tanda-tanda abstrak di dalam gua . binatang yang dicat antara lain rusa, sapi, bisons, kucing, burung, seekor badak dan beruang.

Lascaux tidak tampaknya tidak dihuni melainkan hanya dikunjungi secara berkala untuk tujuan lukisan.Pada tahun 1948 Lascaux dibuka kepada publik tetapi jumlah pengunjung harian ke gua itu mengubah suasana di dalam gua sehingga ditutup pada tahun 1963 dan 20 tahun kemudian replika yang mirip, Lascaux II dibuka.
Hari ini gua sedang diserang oleh serangkaian jamur dan bakteri mengancam untuk menghapus karya seni Prasejarah tak ternilai harganya.

Mengapa Dianggap Penting ?
Gua Lascaux tidak hanya gua prasejarah terbesar di Perancis, tetapi yang paling baik kondisinya.
Salah satu lukisan yang disebut “The Crossed Bison” menunjukkan keterampilan para pelukis gua untuk menangkap realisme.
Kemampuan untuk menggunakan perspektif tidak digunakan lagi sampai abad ke-15. Dari lukisan-lukisan ini kita juga bisa menentukan jenis hewan yang masih ada dan penting bagi pelukis.
 
Sumber : aurorblog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
/[ 0 komentar Untuk Artikel Top 5 Penemuan sejarah Paling Menghebohkan]\

Posting Komentar

Silahkan membaca postingan postingan lain dari Djarumnews ya..
Jangan Lupa Berkomentar