Dual boot Windows 7 dan windows 8

|| || || 1 komentar
>
dual boot windows 7 dan windows 81. Melakukan partisi pada harddisk, karena laptop nya baru jadi saya membuat tiga partisi yaitu Drive C atau partisi pertama adalah 100 GB, Drive D atau partisi kedua sekitar 50GB dan untuk Selebihnya Drive E untuk Penyimpanan data yang lain seperti file musik, video dll.
Untuk yang harddisk nya sudah dipartisi atau sudah di instal windows pastikan partisi untuk windows 8 adalah minimal 15GB dan windows 7 pun 15GB. Untuk membuat partisi dengan partition wizard tool bisa dilihat di video dibawah ini:

2. Install windows 7, setelah partisi dibuat sekarang saatnya menginstal windows. Pertama kali yang harus di install pada pc atau laptop adalah windows 7, tapi jika mau windows 8 dulu juga bisa dan tulis cd key atau serial number windows 7 dikertas untuk nanti dibutuhkan pada saat penginstalan, masukan cd windows 7 kedalam cd-rom kemudian restart PC atau laptop dan kemudian pada saat layar komputer atau laptop menyala sambil tekan tombol F11 untuk memunculkan pilihan boot yang pertama misalnya boot pertama untuk harddisk dan boot kedua untuk cd-rom, nah yang kita pilih adalah boot yang kedua adalah boot ke cdrom, namun pada beberapa komputer atau laptop terdapat setingan yang berbeda jadi jika F11 tidak bisa, coba dengan menekan tombol F9 atau F10 atau F12. Atau jika cd rom pada komputer atau laptop rusak maka bisa melakukan penginstalan windows 7 di usb drive, untuk membuat usb drive boot windows 7 bisa dilihat disini.

3.
Booting windows 7, Jika sudah boot ke cd-rom maka penginstalan windows 7 akan segera berjalan dan ikuti langkahnya sesuai dengan intruksi yang ada disana. Namun untuk partisi pilih partisi yang sesuai atau telah kita dibuat sebelumnya misalnya partisi atau Drive C maka pilih partisi tersebut, saran saya pilih partisi pertama atau Drive C untuk melakukan penginstalan windows 7, jika pada partisi pertama atau Drive C: adalah sebesar megabyte misalnya 100 MB atau 200 MB lebih, maka pilih Drive D: yang besarnya lebih dari 15 GB, yang partisi yang besarnya 100 atau 200 mb dan ukurannya bermacam-macam tapi yang saya tahu ukurannya tidak lebih dari 500 MB adalah partisi untuk system reverse atau partisi boot windows yang nantinya akan dipakai untuk booting.

4.
Setelah windows 7 terinstal pada komputer atau laptop, selanjutnya ketahap berikutnya.

5.
Masukan CD atau usb windows 8 restart laptop atau komputer, seperti biasa pada saat layar mulai muncul klik atau tekan tombol pilihan booting bisa F9,F10,F11 atau F12 tergantung setingan pada PC anda.

6.
Setelah PC atau laptop sudah booting ke cdrom windows 8, kemudian pilih languange yang sesuai dan Keyboard pilih yang US klik next dan install, nah untuk partisi nya pilih partisi yang sudah dibuat untuk windows 8, misalnya Windows 7 di install pada Drive C maka windows 8 di instal di drive D. klik next dan penginstalan akan segera dimulai ikuti saja langkahnya sesuai dengan intruksi yang diberikan disana.

7. Setelah windows 8 sudah terinstall maka setelah komputer atau laptop di restart maka disana aka ada dua pilihan boot seperti gambar diatas yaitu
windows 8 dan windows 7.

8. Selamat mencoba.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
/[ 1 komentar Untuk Artikel Dual boot Windows 7 dan windows 8]\

Posting Komentar

Silahkan membaca postingan postingan lain dari Djarumnews ya..
Jangan Lupa Berkomentar