PROFIL: Ruben Neves, Remaja FC Porto Penyita Perhatian Banyak Klub Top Eropa

|| || || Leave a komentar
>
PROFIL: Ruben Neves, Remaja FC Porto Penyita Perhatian Banyak Klub Top Eropa
Pemain yang berusia 17 tahun ini diinginkan Liverpool, Juventus, dan AC Milan. Sebesar apa potensi yang dimilikinya?


Spanduk kecil bertuliskan "Ruben Neves" muncul menyeruak dari tribun penonton di Estadio da Capital do Movel, Pacos de Ferreira, Selasa (14/10) pekan lalu.
Pada hari itu, ada semacam perayaan kecil menyambut idola mereka yang memulai debut untuk timnas Portugal U-21. Pertandingannya tidak main-main. Pertandingan leg kedua play-off memperebutkan tiket putaran final Kejuaraan Eropa tahun depan. Lawannya, Belanda U-21 yang bertekad membalas kekalahan 2-0 pada leg pertama.
 
Sang idola baru mencetak gol kedua timnya dan Portugal menang 5-4 sore itu. Pendukung tuan rumah pun bergembira. Di antara mereka, terselip sejumlah pemantau bakat yang barangkali pula tersenyum puas atas hasil pengamatan mereka di atas lapangan. Salah satu obyek para pemantau bakat itu adalah pemain bernama lengkap Ruben Diogo da Silva Neves, remaja 17 tahun yang bermain untuk FC Porto.
Dengan usianya yang masih belia, Neves dipuji sebagai gelandang yang mampu mengombinasikan skill dan intensitas tingkat tinggi. Tipe gelandang yang bisa muncul di setiap jengkal lapangan, baik dalam bertahan maupun mendistribusikan bola dengan akurat. Tendangan jarak jauhnya pun mematikan.

Tipe permainannya disetarakan dengan Daniele De Rossi, Javier Mascherano, hingga Sergio Busquets.
"Untuk pemain dengan usia 17 tahun, dia memberikan umpan dengan cara yang spektakuler, bermain sangat baik, dan agresif. Dia pemain bagus. Dengan sedikit perbedaan, dia mirip Sergio Busquets," tukas striker Cristian Tello yang dipinjamkan Barcelona ke Porto musim ini.
Neves sudah menjadi bintang di tim junior Porto dan sudah pula dipertimbangkan dimainkan di tim B musim lalu. Saat pramusim, pelatih Julen Lopetegui memberinya kesempatan bermain dalam uji coba lawan Saint-Etienne. Neves menjawabnya dengan bermain baik.

Neves dirasa tak perlu melewati jenjang tim pelapis. Kesempatan dari skuat utama diberikan lagi pada 15 Agustus. Pada pertandingan liga melawan Maritimo yang menjadi debutnya di level senior, eks kapten timnas Portugal U-17 ini mengemas sebuah gol. Total di musim perdananya ini Neves sudah tampil sepuluh kali, termasuk tiga penampilan di ajang Liga Champions.

"Ruben baru 17 tahun, tapi sudah menunjukkan kematangan yang luar biasa. Kami senang memilikinya," tegas Lopetegui. Ucapan yang mewakili aspirasi seluruh publik Dos Dragoes.
Dengan melakukan debut senior itu, Neves menjadi pemain muda Portugal pertama dari angkatan kelahiran 1997 yang mampu tampil di kancah tertinggi sepakbola negaranya.
Rekor lain yang dicetaknya adalah menjadi pemain termuda di jajaran tim inti yang pernah diturunkan Porto dalam pertandingan kompetitif. Dengan mencetak gol, Neves juga sukses mematahkan rekor Fernando Gomes sebagai pencetak gol termuda Porto. Laman resmi FIFA tak segan menyebutnya "Anak Emas Porto".

"Debut impian. Bukan cuma karena saya mencetak gol, tapi lebih dari itu adalah kami meraih kemenangan," ujar Neves usai debut cemerlangnya.
"Buat saya, tim selalu menjadi yang utama dan tanpa bantuan rekan-rekan saya tak berarti. Sungguh sebuah hadiah yang sangat penting bagi saya untuk memulai karier yang saya harap berjalan sukses."
Karier Neves di level internasional juga melejit dengan cepat. Neves menjadi andalan mulai dari tim U-15, U-16, hingga mengapteni tim U-17. Neves terbilang sukses di Kejuaraan Eropa U-17 tahun ini dengan membawa Portugal ke semi-final sebelum dikalahkan Inggris. Reputasi individual diraihnya dengan dinobatkan sebagai salah satu dari sepuluh pemain paling berbakat dalam kejuaraan oleh panelis teknik 

UEFA.
Kemudian, seperti diceritakan di awal, Neves langsung dipercaya memperkuat tim U-21. Dia kini dapat menepuk dada dengan bangga telah memberi andil dalam meloloskan Portugal U-21 ke putaran final Kejuaraan Eropa. Keberhasilan itu sekaligus menjaga asa Portugal melangkah ke Olimpiade Rio de Janeiro 2016.
Oktober ini, media ternama Inggris, The Guardian, memasukkannya ke dalam daftar 40 pemain muda paling menjanjikan di dunia.
"Dia pemain cerdas. Dia memiliki kemampuan teknik dan pemahaman terhadap permainan di atas rata-rata," puji pelatih tim junior Porto, Jose Guilherme.
Tak ayal, radar Eropa segera mencium bakat baru. Liverpool, AC Milan, dan Juventus berminat merekrutnya. Belum lagi ketertarikan dari sejumlah klub top Spanyol yang turut memantau perkembangan Neves.

Milan telah mengirimkan "mata-mata" untuk mengintai kemampuan Neves pada play-off Kejuaraan Eropa. Liverpool barangkali lebih serius lagi. Disebutkan Pool telah mengamati Neves dalam tiga kesempatan terpisah mulai Agustus lalu. Semuanya berujung laporan memuaskan ke meja Brendan Rodgers.
Namun, tidak mudah merebut Neves. Medio Oktober ini, Porto mengamankan servis Neves hingga 2017. Di dalam kontrak juga disertakan klausul penjualan sebesar €40 juta. Ikatan banderol untuk seorang pemain berusia 17 tahun itu sudah membuktikan betapa besarnya potensi yang tersimpan pada diri sang pemain.
"Saya tak keberatan," ujar Neves saat ditanyakan minat klub-klub besar terhadap dirinya. "Tapi saya harus tetap tenang dan hidup seperti biasa dari hari ke hari. Terbang terlalu tinggi, jatuhnya akan sakit."
"Saya terikat kontrak dengan Porto dan saya sangat bahagia. Semua orang tahu."
Satu hal yang ada dalam pikiran Neves saat ini adalah tampil reguler untuk skuat inti Porto. Untuk mencapai tujuan tersebut, pilihan bertahan di tempatnya berada sekarang saat ini merupakan pilihan yang paling masuk akal. Dengan demikian, jam terbang bertambah dan kematangan diraih. Pintu menuju klub besar Eropa pun niscaya bakal terbuka di masa datang.
"Saya sudah lama menunggu kesempatan bermain untuk Porto dan sekarang saya ingin menikmatinya," pungkas Neves.

Nama lengkap: Ruben Diogo da Silva Neves
Tempat, tanggal lahir: Mozelos, 13 Maret 1997
Nomor punggung: 36
Karier: FC Porto, Padroense (pinjaman)
Penampilan: 10 laga (7 inti, 560 menit) / 1 gol
Kelebihan utama: Agresivitas, kepemimpinan, akurasi umpan, dan tendangan jarak jauh
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
/[ 0 komentar Untuk Artikel PROFIL: Ruben Neves, Remaja FC Porto Penyita Perhatian Banyak Klub Top Eropa]\

Posting Komentar

Silahkan membaca postingan postingan lain dari Djarumnews ya..
Jangan Lupa Berkomentar