Penyebab HP atau Smartphone tidak bisa dicas

|| || || Leave a komentar
>
Cara mengatasi ponsel android tidak dapat dicas atau dicas malah berkurang - Penyebab HP atau Smartphone tidak bisa dicas dipengaruhi oleh banyak hal, sering kali kita terburu-buru membeli charger atau baterai baru karena beranggapan faktor yang menyebabkan ponsel android dicas tapi tidak mengisi adalah dari charger atau baterai hp tersebut. Padahal belum tentu baterai ponsel atau charger handphone anda yang rusak.
Jika ponsel dicas tidak penuh penuh, lalu bagaimana cara untuk mengatasi supaya ponsel di charge bisa terisi ? Masalah baterai gak penuh penuh padahal sudah lama di cas sampai masalah charge HP, hal seperti itu pernah kita alami. Sudah lama cas hp dayanya gak nambah nambah malah bikin kita pusing sendiri setelah itu baterai malah jadi berkurang. Memang ada beberapa kasus yang menjadi penyebab baterai hp android di charge malah berkurang bersumber dari charger ponsel / tablet tersebut

Namun juga terdapat faktor lain bisa saja menjadi penyebab baterai berkurang saat di charge. Jangankan penuh nambah sedikit aja tidak, padahal terhitung sudah 3 jam hp dicas baterainya tidak juga penuh. Untuk kebanyakan masalah seperti ini yang saya temui penyebabnya adalah pada charger hp. Bisa saja charger rusak / ada penyebab lain yang menyebabkan charger rusak.


Cara Mengatasi Baterai Android Dicas Malah Berkurang

penyebab baterai berkurang saat di charge


Langkah yang dilakukan untuk menjadi solusi hp di cas malah berkurang diantaranya :

  1. Pertama saat dicas dan daya baterai tidak nambah, coba ganti charge dengan charge yang sama lalu perhatikan apakah daya baterai bertambah. Jika ternyata baterai nambah, jelas masalahnya ada pada charger.
  2. Segera saja ganti dengan charger yang baru. Agaknya harus mulai berhemat menggunakan charger. Namun, masalah lain seperti pada lubang port dapat menjadi penyebab daya baterai gak bertambah atau malah berkurang pada saat di charger. Bukan tidak mungkin lubang pada charge bisa kotor, terganjal sesuatu, dan lain lain dan lain lain. Periksa juga hal-hal kecil seperti itu.
  3. Tapi untuk kebanyakan, masalahnya ada di charger. Jika memang demikian, tinggal ganti charger lama dengan yang baru.

Sebelum memastikan bahwa pengisian baterai ke handphone anda tidak bisa karena kerusakan pada handphone anda. Sebaiknya anda periksa dahulu charger-nya, berikut tips-tipsnya pengecheckan kondisi charger hp android :
  • Coba charger anda gunakan untuk mengecas ponsel lainnya.dan gunakan charger lain untuk mengecas Hp anda.dengan begitu anda bisa memastikan kalau charger ponsel anda masih bagus atau tidak.
  • Periksa juga batteray ponsel anda dengan mengganti batteray lain yang masih bagus.coba lakukan isi  ulang batteray menggunakan charger yang masih normal.karena kadang pengisian ulang tidak bisa hanya karena batteray yang sudah jelek.
  • Setelah itu baru kita menguji kerusakan pada Ponsel,jika pada layar muncul pesan "Not Charging"atau saat melakukan isi ulang(charging) ada indikator berjalan tapi batteray tidak bertambah,atau juaga mengisi ulang(charging)tetapi indikator batteray diam saja maka bisa dipastikan kerusakan ada pada IC-Chargernya.maka gantilah IC-Chargernya dengan yang baru.

Faktor lain yang dapat menyebabkan charger rusak diantaranya sebagai berikut :
  1. Sering menggulung kabel charger
  2. Tidak mencabut charger pada saat tidak digunakan 
  3. dan beberapa hal sepele lain yang dapat mempersingkat umur charger.

 baca juga :
  1. Cara mengatasi hp android sering download sendiri
  2. Cara mempercepat koneksi internet hp android agar tidak lemot  

  • Ponsel selesai isi ulang(batteray full)tetapi indikator pengisian tetep jalan terus maka IC-Powernya yang rusak.dan gantilah yang baru
  • Handphone tidak sedang dicas,tetapi indikator batteray jalan terus berarti software(SW) yang rusak.lakukan program ulang(flash)dengan versi yang lama.Ponsel setiap mau dicharge selalu mati maka IC-Charge atau IC-Powernya rusak,lakukan pengecekan dan pengetesan pada kedua IC tersebut ,setelah itu digantu.
  • Setelah mengisi ulang(charger) ponsel dengan charger ,ada kebocoran listrik sebelum tombol power on ditekan.setelah ditekan tidak mau nyala,dan itu bisa disebabkan ada kebocoran pada kapasitas power suplai,sasarannya tetap IC power,IC UI,IC PA yang terhubung dengan tegangan batteray VBATT ,unit unit yang rusak dan sering menimbulkan masalah adalah IC Power,IC UI.karena IC Power merupakan BGA yaitu IC yang terintregasi maka metodenya dengan melepas IC UI,kemudian mengisi ulang(charge)kembali ponsel.perhatikan apa ada kebocoran listrik ,jika tidak IC UI yang rusak.jika ada berarti IC Power yang rusak.dan solusinya dengan mengganti IC yang rusak tersebut.
  • Kita mengisi ulang(charge)ponsel ,kemudian tekan tombol ON.tapi ponsel tidak nyala, tidak ada arus listrik yang masuk ke ponsel.maka lakukan pengecekan pada R224jika kedua ujung tidak memiliki tegangan VBAT 3,2V. berarti IC Power rusak atau penyolderan yang kurang baik pada IC Power.dan gantilah IC Power yang rusak atau lakukan penyolderan ulang.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
/[ 0 komentar Untuk Artikel Penyebab HP atau Smartphone tidak bisa dicas]\

Posting Komentar

Silahkan membaca postingan postingan lain dari Djarumnews ya..
Jangan Lupa Berkomentar