Sehari Penuh Disekolah, Manfaat atau Musibah Bagi Pendidikan Indonesia

|| || || 1 komentar
>

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru yakni Muhadjir Effendy ternyata memiliki pandangan yang berbeda mengenai tata cara pendidikan di Indonesia,
Manteri yang barusan saja di Lantik ini berfikir untuk bisa melakukan restorasi pendidikan yang menuntut anak sekolah harus berada sehari penuh di sekolah.

"Anak-anak muda zaman sekarang masih banyak yang bermental lembek dan tidak tahan banting," katanya pada Ahad (7/8) di Malang.

Menurutnya diperlukan restorasi pendidikan terutama pada level SD dan SMP karena pada tahap itulah karakter anak bisa terbentuk. Full day school dipandang mampu menjadi salah satu solusi untuk membangun generasi penerus berkualitas.

Full day school dapat membendung pengaruh-pengaruh buruk yang diterima anak saat orang tua sibuk bekerja dan tak sempat mengawasi. Selama satu hari di sekolah, banyak hal yang bisa dipelajari anak-anak untuk menambah wawasan mereka.

Anak yang bersekolah di full day school pun akan sampai di rumah bersamaan dengan waktu pulang kerja orang tuanya. "Kursus-kursus dan kajian agama bisa dilakukan di sekolah, anak lebih terpantau daripada ikut pengajian di luar nanti malah dapat ustadz dari kelompok ekstrem," ujarnya mencontohkan.

Pendidikan vokasi juga tak luput dari perhatian mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu. "Pendidikan vokasi akan dibenahi agar sumber daya manusia Indonesia berdaya saing tinggi dan tak gentar menghadapi tenaga kerja asing, kita bentuk SDM yang lebih giat bekerja," tegasnya.

Peningkatan kompetensi guru pun menjadi fokus kementerian yang diampunya.

Namun tentu saja tuntutan full Day at school ini bisa menjadi petaka atau senjata makan tuan.
Karena saat ini bukan lingkungan rumah yang mempengaruhi anak anak, namun lingkungan sekolah lah yang kerap membuat onar.

Bayangkan saja saat ini murid murid lebih tidak beretika.
Ini jelas bukan ajaran di sekolah, namun kita tidak bisa menafikan bahwa ini adalah dampak pergaulan yang salah di sekolah.

Apa pak menteri sadar dengan itu..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
/[ 1 komentar Untuk Artikel Sehari Penuh Disekolah, Manfaat atau Musibah Bagi Pendidikan Indonesia]\

Posting Komentar

Silahkan membaca postingan postingan lain dari Djarumnews ya..
Jangan Lupa Berkomentar