Tea

Respon Positif Partai Partai Tanah Air Saat Anies Deklarasi Siap Maju di Pilpres 2024

Author
Published 21.07.00
Respon Positif Partai Partai Tanah Air Saat Anies Deklarasi Siap Maju di Pilpres 2024

Anies Baswedan untuk pertama kalinya berbicara kesiapan maju sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024 mendatang. Hal tersebut disampaikan Anies saat diwawancara di Singapura oleh Reuters. Ucapan Anies tersebut dimuat dalam artikel Reuters berjudul ‘Popular governor of Indonesian capital ‘prepared’ to run for president’.



Anies awalnya bicara soal asumsi orang-orang terhadap apa yang akan dikerjakannya saat menjabat Gubernur DKI Jakarta. Anies pun meminta dirinya dinilai dari rekam jejak selama menjabat Gubernur DKI.


“Dulu, orang berasumsi tentang saya dan apa yang saya perjuangkan dan apa yang akan saya lakukan di kantor. Sekarang, saya telah menjabat selama 5 tahun, jadi nilailah saya berdasarkan kenyataan dan rekam jejak,” ungkap Anies seperti dilansir Reuters, Jumat (16/9/2022).


Anies menegaskan kesiapan dirinya menjadi capres bila ada partai yang mengusungnya. Anies juga menyinggung soal elektabilitas dari hasil survei yang disebutnya tidak diminta.


“Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya,” ujar Anies.


“Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas,” sambung Anies.


Masa jabatan Anies sebagai Gubernr DKI Jakarta bakal berakhir pada 16 Oktober 2022. Nama Anies juga masuk sebagai bakal capres, setidaknya dari NasDem dan PAN.


Partai Gerindra menjadi salah satu partai yang mengusung Anies saat Pilgub DKI 2017 lalu merespon pernyataan Anies. Gerindra menilai pernyataan Anies siap nyapres sebagai sebuah kejutan.


“Dia sangat siap sepertinya, bahkan sudah terbuka, dan terkesan ambisius menyatakan kesiapannya sebulan sebelum lengser,” kata Wakil Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, Syarif.


PKS juga menyambut baik pernyataan Anies. Bahkan menurut PKS, sosok Anies memang masuk dalam kriteria capres yang akan mereka usung di 2024.


“Pak Anies ini juga menjadi salah satu figur yang kami nilai masuk dalam kriteria bakal capres yang diputuskan dalam Musyawarah Majelis Syura (MMS) PKS ke-VII di Bandung pada 14-15 Agustus 2022 lalu,” kata Ketua DPP PKS Nabil Ahmad Fauzi


Partai Nasdem pun tak kalah gembira. NasDem senang akhirnya Anies menyatakan kesiapan bertarung di Pilpres 2024 mendatang.


“Alhamdulillah. Jadi kalau Anies sudah menyatakan bersedia ya terima kasih, Alhamdulillah karena memang dia salah satu yang dicalonkan oleh NasDem,” ujar Ketua DPP NasDem Effendi Choirie.


Selain itu Anies Baswedan disebut masuk radar Majelis Tinggi Partai Demokrat pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu diungkapkan Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan. Dia mengakui sejumlah nama telah masuk dan jadi pertimbangan pihaknya untuk didukung Partai Demokrat di Pilpres 2024.


“Memang sudah sebagian beredar. Beliau punya wawasan bagus dan punya chemistry dengan AHY. Tapi ini masih taraf finalisasi,” kata Syarief usai perayaan hari ulang tahun partainya di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat (16/9).


FusilatNews


[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021