Tea

Lippo Malls Buka Suara, Ini Biang Kerok Mal Sepi Bak Kuburan

Author
Published 22.54.00
Lippo Malls Buka Suara, Ini Biang Kerok Mal Sepi Bak Kuburan
Marak deretan mal di wilayah Jakarta dan sekitarnya kini bernasib seperti 'hidup segan mati tak mau'. Mal-mal yang dulunya legendaris dan ramai pengunjung, kini terlihat suram, sepi, ditinggal tenant dan pengunjung. 
Bahkan, dengan tutupnya kios-kios di dalam mal, pusat perbelanjaan jadi lengang seperti kuburan.

Salah satu mal yang kini sepi adalah deretan pusat perbelanjaan di bawah bendera Lippo Malls. 

Pantauan CNBC Indonesia, setidaknya ada tiga mal di wilayah Jabodetabek, bagian dari  jaringan Lippo Malls, yang kini jadi sepi karena ditinggalkan pengunjungnya. Yaitu Plaza Semanggi, Metropolis Town Square, dan Mall WTC Matahari. Mal-mal ini terpantau lengang, sepi pengunjung, dan banyak kios yang tutup.

Lippo Malls pun angkat bicara terkait fenomena ini. 

Corporate PR and Reputation Management Lippo Malls Nidia N Ichsan mengatakan, penyebab sepinya mal-mal tersebut sangat kompleks. Namun, faktor utamanya adalah karena efek domino pandemi Covid-19.

"Karena penyebabnya kompleks, karena mal tersebut adalah mal strata. Namun, pandemi Covid-19 adalah faktor yang utamanya," kata Nidia kepada CNBC Indonesia, Kamis (12/1/2023).

Pandemi Covid-19 ini, katanya, memberikan dampak yang luar biasa terhadap bisnis ritel. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), menurut Nidia, sangat berdampak pada jumlah pengunjung yang datang ke pusat perbelanjaan.
"Pandemi ini kan dampaknya terhadap bisnis ritel ini cukup luar biasa, dengan pemberlakuan PPKM dan segala macam itu memang sangat memengaruhi jumlah pengunjung. Juga memengaruhi okupansi mal," kata Nidia.

Dengan pencabutan PPKM oleh Presiden Joko Widodo pada 30 Desember 2022 lalu, Nidia berharap hal itu jadi angin segar bagi nasib mal-mal yang kini sepi. Dan bisa kembali menaikkan tingkat kunjungan masyarakat dan okupansi pusat perbelanjaan.

"Tentunya harapan kita semua begitu (mal semakin ramai setelah aturan PPKM dicabut)," pungkasnya.


(dce)

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021