Tea

Ganjar Pranowo Yakini PDIP Sudah Siapkan Nama Cawapres untuk Maju Pilpres 2024

Author
Published 18.05.00
Ganjar Pranowo Yakini PDIP Sudah Siapkan Nama Cawapres untuk Maju Pilpres 2024
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo buka suara seputar bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya maju dalam Pilpres 2024 mendatang. Ia meyakini PDIP akan mempertimbangkan dan mempersiapkan dengan baik sosok cawapres tersebut.
Hal itu menyusul Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri yang telah mengumumkan penugasan kepada Ganjar sebagai bakal calon presiden (capres) dari partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu. 

"Karena kemarin (Jumat, 21 April 2023) Bu Mega sudah memutuskan, maka ini baru tahap awal. Jadi cerita tentang wakil pasti akan menunggu kerja sama antarpartai," ungkap Ganjar saat ditemui awak media di Resto Padmosastro Solo, Sabtu, 22 April 2023.

Ganjar meyakini dari PDIP pasti telah mempersiapkan sejumlah nama sebagai cawapres yang akan mendampinginya maju di ajang Pilpres itu. Namun untuk nama, suami Siti Atiqoh itu mengaku belum mengetahui secara pasti. 

"Tentu saja dari PDIP pasti sudah mempertimbangkan dan menyiapkan lah beberapa nama. Kemarin Pak Presiden (Joko Widodo atau Jokowi) juga ikut nimbrung, berdiskusi, jadi sabar saja. Tapi kalau namanya saya belum tahu," katanya.

Menurut Ganjar, negara Indonesia ini akan terlalu besar untuk diurus sendiri oleh seorang presiden dari satu partai saja. Sehingga pasti dibutuhkan kerja sama-kerja sama dengan elemen masyarakat, khususnya oleh partai-partai.

"Karena negara ini terlalu besar untuk diurus sendiri ya, sehingga pasti kerja sama-kerja sama dibutuhkan dengan elemen masyarakat, khususnya partai-partai karena secara konstitusional kan presiden dan wakil presiden kan diusulkan oleh partai dan atau gabungan partai sehingga kita berikan secara konstitusional kepada mereka," tutur Ganjar yang siang itu didampingi oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. 

Disinggung tentang rencana koalisi partai yang akan dilakukan PDIP, Ganjar memilih untuk menunggu prosesnya. "Untuk yang bekerja sama (koalisi) tunggu sebentar lagi. Mudah-mudahan nggak lama lagi," katanya. 

Ditemui sebelumnya saat usai melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Sabtu pagi, Jokowi sempat menyebut sejumlah nama yang dimungkinkan untuk dipasangkan dengan Ganjar sebagai cawapres. 

Jokowi pun menyebut sejumlah nama tokoh yang cukup populer. 

"Yang cocok banyak. Ada Pak Erick (Erick Thohir), Pak Sandiaga Uno, Pak Mahfud MD, Pak Ridwan Kamil, Cak Imin (Muhaimin Iskandar), dan Pak Airlangga (Airlangga Hartarto)," kata Jokowi. 

Saat ditanya nama lain yaitu Prabowo Subianto, Jokowi pun mengiyakan. "Nah iya, Pak Prabowo nanti juga segera saya ketemu," ucapnya. 


[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021