Tea

PKS Benarkan Adanya Lobi agar Tak Dukung Anies Baswedan di Pilpres

Author
Published 12.09.00
PKS Benarkan Adanya Lobi agar Tak Dukung Anies Baswedan di Pilpres
Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera membenarkan soal adanya lobi dari kubu lain agar tidak mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024. Namun, Mardani tak mengetahui detail soal lobi tersebut. 
"Itu Pak Sekjen (Habib Aboe Bakar Allhabsy) yang tahu," ujar Mardani saat dihubungi Tempo, Senin, 27 Februari 2023.

Mardani mengungkapkan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu tak ambil pusing dengan lobi tersebut. Menurut Syaikhu, kata Mardani, lobi, ancaman, hingga rayuan merupakan hal yang biasa di politik. 

"PKS fokus merapihkan saf (barisan) diri agar kokoh memenangkan Pileg dan Pilpres," kata Mardani mengulang pernyataan Syaikhu. 

Anies Ungkap Rayuan Agar PKS Batal Dukung Dirinya 

Isu tentang lobi agar PKS batal memberikan dukungan pertama kali disampikan oleh Anies Baswedan. Eks Gubernur DKI Jakarta itu menyebut PKS mengalami tekanan dan ancaman dalam memutuskan untuk mendukung dirinya. 

"Saat PKS melewati perjalanan memutuskan, PKS lewati jalan perjuangan yang tak mudah banyak rayuan, banyak tekanan, dan mungkin ada ancaman," kata Anies dalam pidatonya di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis, 24 Februari 2023. 

Dalam pidatonya, Anies tak merinci rayuan dan ancaman yang diterima PKS tersebut. Namun, Anies mengatakan PKS tetap berpegang teguh pada prinsip untuk perbaikan Indonesia ke depannya.

Anies mengatakan mandat yang diterimanya dari PKS sebagai bakal capres menjadi babak baru dalam perjuangan selanjutnya. Menurutnya, deklarasi tersebut menjadi amanah besar yang akan diemban teguh bersama partai-partai pengusung.

"Kami merasa sangat terhormat untuk secara resmi menerima pencalonan sebagai capres 2024 dari PKS," ujar Anies Baswedan. 


M JULNIS FIRMANSYAH

Tempo



[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021