Tea

Sri Mulyani Tanya Sumber Harta ke Dirjen Pajak: Saya Yakin Kamu Benar

Author
Published 12.58.00
Sri Mulyani Tanya Sumber Harta ke Dirjen Pajak: Saya Yakin Kamu Benar
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani telah menanyakan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Suryo Utomo mengenai sumber kekayaannya. Ia mengatakan harta Suryo meningkat karena berbagai faktor, termasuk kenaikan harga tanah.
"Saya tanya ke Pak Suryo kenaikannya karena apa? Kenaikan karena harga tanah, harga pasar itu, tiba-tiba dianggapnya seolah-olah itu korupsi," ujar Sri Mulyani dalam CNBC Indonesia Economic Outlook 2023, Selasa (27/8).
"Saya tanya ke Dirjen Pajak 'kamu yakin kamu benar?', 'yakin bu'. 'Saya yakin kamu benar, sampaikan ke publik karena dalam hal ini publik telah menghakimi. Beli motor Rp150 juta as if kita ngambil Rp1.700 triliun, ya enggak lah," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani mengatakan kejadian yang saat ini ramai diperbincangkan telah melukai pegawai Ditjen Pajak yang bekerja dengan baik. Ia menyebut orang yang mengkhianati Kemenkeu harus disingkirkan.

"Saya atas nama Kemenkeu menyampaikan mereka yang sudah bekerja baik adalah yang terluka paling dalam dari kasus ini," ujarnya.

"Mereka yang mengkhianati ayo cabuti tanpa membuat institusi kami lemah dan menjadi lumpuh," lanjutnya.

Dirjen Pajak Suryo Utomo menjadi sorotan setelah fotonya mengendarai moge bersama klub Belasting Rijder DJP viral. Menkeu Sri Mulyani langsung meminta klub motor tersebut dibubarkan.

Menurutnya, hobi dan gaya hidup para pejabat mengendarai moge bisa menimbulkan persepsi negatif masyarakat.

"Meminta agar klub Belasting Rijder DJP dibubarkan," kata Sri Mulyani dalam akun Instagram resminya, Minggu (26/2).

Ia khawatir gaya hidup tersebut juga menimbulkan kecurigaan mengenai sumber kekayaan para pegawai pajak. Selain itu, Ani berpendapat para pejabat yang mengendarai moge telah melanggar asas kepatutan, meski dibeli dengan uang gaji resmi.

Tak hanya itu, ia juga meminta Suryo untuk mengklarifikasi harta kekayaannya. Ani meminta Suryo menjelaskan asal muasal dari kekayaannya yang terlapor dalam Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN).

"Jelaskan dan sampaikan kepada masyarakat/publik mengenai jumlah Harta Kekayaan Dirjen Pajak dan dari mana sumbernya seperti yang dilaporkan pada LHKPN," tulis Ani.

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021