Tea

5 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Rasa Gugup Saat Sedang Berbicara dan Melakukan "Publik Speaking"

Author
Published 19.18.00
5 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Rasa Gugup Saat Sedang Berbicara dan Melakukan "Publik Speaking"
Gugup adalah sebuah perasaan tidak tenang, bingung, dan tergesa-gesa. Jika kita merasakan hal ini, percayalah kita tidak sendiri. Banyak orang di luar sana yang mengalami hal yang sama dengan kita.
Terutama saat anda tampil di hadapan umum atau head to head dengan seseorang yang anda segani, maka rasa gugup yang anda hadapi akan semakin terasa, namun tak perlu khawatir, 
Indopod mendapatkan tips terbaik dari salah satu moderator atau speaker berpengalaman yakni Raden Shafira Destiana yang dibagikan nya melalui platform quora Terkait cara menghilangkan rasa gugup. 

Berikut adalah tipsnya

1. Atur pernapasan serileks mungkin

Penting banget untuk atur pernapasan. Tarik napas Quoran melalui hidung dan tahan selama 5–10 detik, lalu buang napas secara perlahan melalui mulut. Biar lebih tenang bisa dicoba sambil menghirup Aromatherapy peppermint. Kalo saya pake Freshcare atau Plossa. Hal ini saya lakukan sebelum ngomong di depan umum.

2. Sebut 5 benda yang ada di depanmu dalam hati

Saya pernah belajar dari seorang psikolog tentang mencegah anxiety dan panic attack yaitu dengan menyebutkan tiga sampai lima benda yang ada di sekitaran kita dalam hati. Contohnya saya berada di depan umum, sedang mulai berbicara lalu kena serangan panik, saya melihat sekitar dan menyebutkan barang tersebut dalam hati seperti lampu, kursi, meja, kamera, layar panggung. Cara ini lumayan membantu kita agar tetap sadar.

3. Menguasai materi

Wajib mengasai materi yang akan dibawakan. Bila menjadi pembicara, kuasai materi/slides yang akan dibawakan. Biar lebih mantap pake pointer saat presentasi. Kalau mau jadi MC/Moderator bisa membuat catatan kecil atau cue card isinya tentang rangkaian acara secara singkat dan sebagainya. Memahami materi penting agar tidak blank.

4. Istirahat yang cukup (kondisi fit untuk fokus)

Siapkan mental untuk fokus. Jaga kesehatan, istirahat yang cukup. Tidur jangan larut malam. Perihal 'tidur cukup' dapat berdampak pada performance kamu loh Quoran. Bila badan kita dalam kondisi fresh, pasti akan mudah fokus!

5. Memotivasi dan meyakinkan diri

Yakinkan kamu dapat melaluinya. Satu-satunya yang bisa kamu percaya yaitu dirimu sendiri. Jadi, jangan meragukan dirimu ya. Motivasi dalam bentuk positive self-talk lebih dari cukup! Contohnya "Wih aku hebat banget bisa berdiri disini" "Aku pasti bisa!" dan sebagainya.

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021